Wikipedia

Search results

Translate

Translate

Report Abuse

Contoh Review Jurnal

Post a Comment


REVIEW JURNAL


1. Identifikasi Jurnal

a. Judul :
Hubungan Trait Kepribadian dan Sikap terhadap Sistem Penilaian Kinerja (Studi pada Pengemudi Bus TransJakarta)
b. Pengarang : Adriyani Sahidi & P. Tommy Y. S. Suyasa
c. Lembaga yang menerbitkan : Universitas Tarumanagara

2. Definisi :

a. Kepribadian : Menurut Eysenck (dalam Hall, Lindzey, & Campbell, 1998) kepribadian adalah sesuatu yang mendasari perbedaanperbedaan penting di antara masing-masing individu dalam bersikap, bertingkah laku, dan dalam menentukan pilihan-pilihannya.
Menurut Ivancevich (2001), kepribadian adalah karakteristik di mana seseorang berpikir dan berperilaku terhadap lingkungannya

b. Sikap : Sikap adalah karakteristik yang bertahan dalam jangka waktu lama terhadap cara berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku (Ivancevich, 2001)

3. Definisi operasional

a. Kepribadian : Berusaha mendukung penilaian kinerja sebagai bagian dari kinerjanya agar mendapat penilaian yang baik. Lebih bersikap terbuka terhadap peraturan maupun kebijakan yang diberlakukan di tempat kerjanya, termasuk dilakukannya sistem penilaian kinerja. Dapat melaksanakan tugas yang tinggi taraf kesukarannya dengan baik,memiliki toleransi yang tinggi terhadap isolasi / kesendirian, kurang toleransi terhadap keluhan fisik, cenderung melakukan secara baik terhadap tugas yang sederhana / mudah, cenderung melaksanakan secara baik tugas yang menuntut kesiapsiagaan
b. Sikap : Mereka yang mempunyai afek negatif  cenderung cemas terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan di sekeliling mereka termasuk pekerjaan. Sebaliknya pekerja dengan afek positif yang tinggi cenderung memiliki perasaan sejahtera (well being), memandang dirinya secara efektif dan menyenangkan, serta memiliki sikap yang positif terhadap pekerjaan.

4. Identifikasi

a. Tempat penelitian : Kantor PT. JET (Jakarta Ekspress Trans) dan Terminal Blok M
b. Subjek penelitian : Pengemudi Bus TransJakarta (PT. JET)
c. Alat analisis data : Dalam penelitian ini, untuk mengukur trait kepribadian the big five digunakan alat ukur NEO Personality Inventory Revised 197 (NEO PI-R) yang dikembangkan oleh Costa dan McCrae pada tahun 1992. Alat ukur ini terdiri dari 240 item yang terbagi merata dalam lima dimensi
Alat ukur sikap terhadap sistem penilaian kinerja ini disusun berdasarkan skala Likert yang mengacu pada tujuh pilihan jawaban. Cara penilaian alat ukur tersebut adalah sebagai berikut: Sangat Tidak Setuju (STS) bernilai 1, Tidak Setuju (TS) bernilai 2, Cenderung Tidak Setuju (CTS) bernilai 3, Ragu-ragu (RR) bernilai 4, Cenderung Setuju (CS) bernilai 5, Setuju (S) bernilai 6, dan Sangat Setuju (SS) bernilai 7.
Alat analisis data dengan uji mean sample dan uji one sample t test untuk menguji signifikansi perbedaan antara mean sample dengan mean alat ukur.

5. Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa partisipan memiliki sikap yang positif terhadap sistem penilaian kinerja. Semakin partisipan memiliki keterbukaan pada ideide atau suatu gagasan dalam merencanakan suatu kegiatan, menyukai hal yang teoretis dan abstrak, serta antusias terhadap ilmu pengetahuan, maka akan semakin positif sikapnya pada sistem penilaian kinerja. Semakin partisipan bekerja keras untuk berprestasi mencapai tujuan maka akan semakin positif sikapnya terhadap sistem penilaian kinerja. Semakin partisipan memiliki emosi yang positif serta sering merasa gembira dan bahagia, maka akan semakin positif sikapnya terhadap sistem penilaian kinerja. Menurut hasil pengolahan data pada dimensi agreeableness dan neuroticism, diketahui tidak ada hubungan yang signifikan dengan sikap terhadap sistem penilaian kinerja.
Berdasarkan data dari tabel-tabel diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara trait kepribadian the big five dengan sikap terhadap sistem penilaian kinerja. Secara spesifik, trait kepribadian yang berhubungan dengan sikap terhadap sistem penilaian kinerja adalah sub dimensi aesthetics dan ideas pada dimensi openness, sub dimensi dutifulness dan achievement striving pada dimensi conscientiousness, serta sub dimensi excitement seeking dan positive emotion pada dimensi extraversion.

Btw, aku punya blog baru Gubug Jiwa yang berfokus pada "Self Improvement" atau Pengembangan Diri, namun masih dalam tahap belajar dan seluruh postingan merupakan tugas dari kelas blogging hehee, insyaallah akan lebih konsisten di tahun 2021.
santiriksa
Sedang belajar ngeblog II Yuk Follow IG @gubug_jiwa atau klik logo Instagram di halaman paling bawah

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment